The curriculum of the Primary School Teacher Education Study Program is prepared based on the collaboration of the national and international curricula with the framework of the Program Learning Outcomes (PLO) of the Elementary Teacher Education Study Program as follows:
Menguasai secara mendalam prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar. |
|
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, meliputi perkembangan fisik, psikologis, dan sosial. |
|
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
|
Menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan karakter siswa sekolah dasar sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. |
|
Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar. |
|
Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar. |
|
Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dalam bentuk artikel ilmiah. |
|
Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam melaksanakan pembelajaran. |
|
Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlian. |
|
Mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. |
|
Memiliki komitmen, tanggung jawab, dan mematuhi etika profesi dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. |
|
Memiliki karakter kuat dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang berlandaskan Pancasila dalam mengikuti perkembangan IPTEKS serta mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya. |