Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar disusun berdasarkan kolaborasi kurikulum nasional dan internasional dengan memperhatikan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) / Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai berikut:
Menguasai secara mendalam prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar. |
|
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, meliputi perkembangan fisik, psikologis, dan sosial. |
|
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
|
Menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan karakter siswa sekolah dasar sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. |
|
Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar. |
|
Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar. |
|
Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dalam bentuk artikel ilmiah. |
|
Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam melaksanakan pembelajaran. |
|
Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlian. |
|
Mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. |
|
Memiliki komitmen, tanggung jawab, dan mematuhi etika profesi dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. |
|
Memiliki karakter kuat dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang berlandaskan Pancasila dalam mengikuti perkembangan IPTEKS serta mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya. |