Capaian Pembelajaran

Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar disusun berdasarkan kolaborasi kurikulum nasional dan internasional dengan memperhatikan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) / Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai berikut:

Code
Program Educational Objectives (PEO)
PLO1

Menguasai secara mendalam prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Mastering the principles and theories of education in elementary schools.

PLO2

Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, meliputi perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Mastering the developmental characteristics of students in primary schools, including physical, psychological, and social development.

PLO3

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Mastering and developing learning materials for the five main subject areas in elementary schools.

PLO4

Menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan karakter siswa sekolah dasar sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.
Mastering and developing character education concepts for elementary school students according to their talents and interests

PLO5

Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar.
Mastering and developing curriculum, approaches, strategies, models, methods, techniques, teaching materials, media and learning resources, as a classroom teacher, especially in the content of the five main areas in elementary schools.

PLO6

Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
Mastering and implementing process evaluation and evaluation of learning outcomes in elementary schools.

PLO7

Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dalam bentuk artikel ilmiah.
Mastering basic concepts and research procedures that can solve learning problems in elementary schools and develop innovative work, and communicate research results and work in the form of scientific articles.

PLO8

Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
Able to conducting guidance and counseling services in elementary schools to solve problems related to student behavior in carrying out learning.

PLO9

Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlian.
Able to plan, manage, and evaluate the implementation of educational programs by utilizing knowledge and areas of expertise.

PL1O

Mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
Able to disseminate innovative ideas to develop and improve the quality of education in primary schools.

PL11

Memiliki komitmen, tanggung jawab, dan mematuhi etika profesi dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
Have commitment, responsibility, and comply with professional ethics in implementing and developing learning to
improve the quality of learning in primary schools.

PL12

Memiliki karakter kuat dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang berlandaskan Pancasila dalam mengikuti perkembangan IPTEKS serta mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
Having a strong character and upholding human values based on Pancasila in following the development of science and technology and being able to work in cross-disciplinary and cross-cultural teams.