Implementasi Pembelajaran Kontekstual Melalui Materi Konservasi Alam di Situ Gunung

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Lingkungan alam merupakan bagian dari kehidupan manusia. Sebagaimana mahluk hidup kita tidak bisa lepas dari lingkungan hidup. Kita selalu membutuhkannya untuk mencukupi kebutuhan dasar kita.  Apa yang kita lakukan tentu akan berdampak bagi lingkungan hidup.

Mengingat kebutuhan manusia akan kelestarian lingkungan maka perlu wujud mennyayangi lingkungan. Melalui mata kuliah pembelajaran IPA SD, Mahasiswa PGSD Universitas melaksanakan pembelajaran berbasis kontekstual. Pelakasanaan kegiatan ini merupakan wujud praktik penggunaan pedoman praktikum yang sebelumnya telah disusun. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di Objek Wisata Situ Gunung. Lokasi dipilih karena memang wilayah alam di dekat kampus, dan memiliki keaneragaman hayati yang melimpah.Kegiatan dilakukan melalui kegiatan pengamatan pada keaneragaman hayati di taman nasional situ gunung. Proses pengamatan dilakukan melewati jalur darat dari objek wisata situ gunung.

 

Proses pengamatan dipermudah dengan adanya plang papan nama jenis tumbuhan dan nama ilmiah serta kegunaan dari tumbuhan. Tentunya pengamatan tidak hanya terbatas pada tumbuhan yang telah dipasang plang nama, namun seluruh tumbuhan yang ada di lokasi. Mahasiswa mencatat dan mendokumentasikan berdasarkan apa yang mahasiswa temukan.  Setelah dicatat, maka mahasiswa mencari nama ilmiah tumbuhan tersebut. Apabila mengalami kendala, mahasiswa mencari melalui google lens.

Disamping mengamati tumbuhan dan hewan yang ada dilokasi, mahasiswa juga mengamati proses pelestarian lingkungan di Kawasan tersebut. Mahasiswa mengamati bagaimana sikap pengunjung terutama soal pembuangan sampah.M elalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis berbagai jenis keaneragaman hayati yang patut dilindungi. Secara tidak langsung, kegiatan ini akan menumbuhkan sikap cinta lingkungan pada diri mahasiswa.

 

-JSP-

Berita